Mechanical Engineering

Perawatan/ Maintanance Mesin kapal

Dalam pengerjaan maintenance dan perbaikan mesin kapal, PT HIKMAH SAMUDERA ABADI memilliki tim mekanik yang ahli dan berpengelaman dibidangnya. Untuk lebih Efiisein dan maksimal dalam penangan pekerjaan Repair dan Maintenance Diesel Engine, kami membaginya sebagai berikut :

• Marine Engine and
• Generator Repair ( Perbaikan Mesin Kapal dan Genset )

Ini meliputi perbaikan main engine Kapal dan Generator (Genset). Kami melayani berbagai Merk seperti Cattepillar, Mitshubishi, Yanmar, Nissan, Perkins, Cummins, Mercedez, MAN, MWN, MTU, Deutz, Ford, dll

Top Over Haul

Perbaikan bagian atas adalah yang meliputi bagian atas dari motor Diesel, yaitu seluruh bagian pada kepala silinder (Cylinder head) atau seluruh bagian I komponen yang melengkapi Kepala Silinder harus dilakukan pembersihan, pemeriksaan dan penggantian material baru bila diperlukan.

Top Overhaul dilaksanakan pada saat motor Diesel sudah bekerja selama antara 2.000 - 4.000 Jam (Running Hours), yaitu meliputi pemeriksaan, perawatan dan perbaikan sebagai berikut (26-item) :

  1. Kepala silinder (Cylinder head)
  2. Permukaan bawah silinder (Surfase cylinder head)
  3. Ruang pendingin silinder (Cylinder head cooling system)
  4. Keretakan silinder (Cylinder crack check)
  5. Baut-baut dan mur pengikat (Bolts & nuts cylinder head)
  6. 0-ring air pendingin silinder (0-ring for cylinder cooling)
  7. Paking penutup ruang pendingin (Cooling cover packing)
  8. Pengabut bahan-bakar (Fuel Oil Injector)
  9. Katup gas buang (Exhaust valve spindle)
  10. Katup udara masuk (Inlet valve spindle)
  11. Dudukan katup gas buang (Setting exhaust valve)
  12. Dudukan katup udara masuk (Setting inlet valve)
  13. Katup keamanan (Safety valve set)
  14. Katup indikator (Indicator valve set)
  15. Katup udara pejalan (Air starting valve set)
  16. Selongsong pengabut (Injector chamber)
  17. Pengantar batang katup buang (Guide sleeve exhaut valve) .
  18. Pengantar batang katup masuk (Guide sleeve inlet valve)
  19. Lengan penekan katup (Rocker arm)
  20. Busing lengan penekan katup (Rocker arm bush)
  21. Sistim pelumasan penekan katup dan katupnya (Rocker arm and Valves, Lube oil system).
  22. Ruang pembuangan gas bekas (Exhaust gas manifold)
  23. Ruang udara pembilasan silinder (Air scavanging chamber)
  24. Pendingin udara pembilasan (inter Air Scavanging cooler)
  25. Pendingin minyak pelumasan (Lube oil cooler)
  26. Pendingin air tawar pendingin (Fresh water cooler).

Perbaikan bagian mesin yang bergerak (major overhaul)

Perbaikan bagian yang bergerak adalah perbaikan yang meliputi bagian atas (Top Overhaul) dari motor Diesel, dan semua bagian mesin yang bergerak melakukan langkah-usaha.

Major Overhaul dilaksanakan pada saat motor Diesel sudah bekerja selama antara 8.000 - 14.000 Jam (Running Hours), yang meliputi pemeriksaan ,perawatan dan perbaikan pada:

Seluruh perbaikan yang dikerjakan Top Overhaul (26-item) tersebut diatas dan ditambah dengan, Seluruh bagian mesin yang bergerak melakukan langkah usaha 24-item sebagai berikut: (Total Major Overhaul 50-item).

  1. Pelapis silinder (Cylinder liner)
  2. Torak (Piston)
  3. Ring / cincin torak (Piston ring)
  4. Pena torak (Piston pin)
  5. Busing torak (Piston bush)
  6. Satang torak (Connecting rod)
  7. Baut-baut batang torak (Connecting rod bolts)
  8. Kepala silang (Cross head)
  9. Kepala silang metal (Cross head bearing)
  10. Metal jalan (Crank pin bearing)
  11. Baut-baut metal jalan (Crank pin bearing bolts)
  12. Pores engkol (Crank shaft journa I)
  13. Metal duduk (Main bearing)
  14. Baut-baut metal duduk (Main bearing bolts)
  15. Poros nok & Penggeraknya (Camshaft & driving divices)
  16. Transmisi roda gigi (Gear box)
  17. Pompa tekan bahan-bakar (Fuel oil injection pump)
  18. Inspection Turbin gas buang unit (Turbo charger unit)
  19. Pendingin udara pembilas (Air scavanging cooler)
  20. Pompa udara bilas (Air scavanging blower)
  21. Sistim udara pengontrol (Pneumatic control system)
  22. Sistim pengamanan minyak lumas (LO.safety device system)
  23. Sistim pengaman pendingin air tawar system)
  24. Sistim pengaman putaran lebih (Overspeed trip-off system).

General Over Haul

Suatu operator kapal selama beroperasi pasti menginginkan kapalnya dapat melaju dengan cepat, pasti akan sangat mengecewakan apabila kapal yang dimiliki tidak mampu untuk melaju sesuai dengan kecepatan yang direncanakan atau mengalami penurunan kecepatan dari waktu kewaktu.

Salah satu factor penyebab menurunnya kecepatan kapal adalah terjadinya penurunan performa mesin induk kapal tersebut baik dikarenakan kurangnya perawatan oleh para ABK Mesin ataupun usia mesin yang sudah berumur dan perlu dilakukan semacam peremajaan komponen yang biasa disebut dengan proses General Overhoul ( GO ).

General Overhoul atau servis besar yaitu pembongkaran dan perakitan kembali serta penggantian komponen – komponen mesin secara umum atau hampir semua komponen diganti baru, diharapkan dengan dillakukannya service besar ini maka performa dari mesin dapat kembali seperti baru dan hasil akhirnya kecepatan kapal kembali seperti perencanaan awal.

Namun pada prakteknya, performa suatu mesin setelah di GO tidak dapat kembali 100% seperti baru karena usia dari mesin itu sendiri yang sudah tua.

Time between overhaul ( TBO ) atau rentan waktu yang dibutuhkan oleh mesin untuk melakukan GO tergantung dari pabrikan mesin itu sendiri, umumnya mesin yang bagus memliki TBO 10.000 jam, dari sisi ekonomi, semakin panjang TBO maka jam operasi kapal akan lebih lama sehingga menambah pemasukan ke perusahaan, dan biaya yang dilkeluarkan untuk melakukan GO juga akan lebih sedikit dibandingkan dengan mesin yang memiliki TBO pendek.

Perbaikan seluruh bagian mesin adalah meliputi seluruh pekerjaan Top Overhaul, Major Overhaul dan semua bagian dari motor Diesel yang berhubungan langsung menahan tegangan-tegangan dari tenaga mesin tersebut.General Overhaul dilaksanakan pada saat motor Diesel sudah bekerja selama antara 14.000 - 24.000 Jam (Running Hours), yang meliputi pemeriksaan , perawatan danperbaikan pada:

Seluruh perbaikan yang dikerjakan Top Overhaul (26-item) tersebut dan ditambah dengan seluruh perbaikan yang dikerjakan Major Overhaul (24-item) tersebut dan ditambah dengan seluruh bagian mesin yang menerima tegangan-tegangan mesin 25-item sebagai berikut: (Total General Overhaul = 75- item).

  1. Buku Petunjuk (Manual Instruction Book)
  2. Periksa Plat-plat fondasi dudukan badan mesin(Inspection Fondation plates and bolts)
  3. Periksa bagian dasar badan mesin(Inspection crack, bolts, Bedplate)
  4. Periksa keretakan semua bagian tengah badan mesin(Inspectioncrack of Frame)
  5. Sistim Udara Pengontrol (Pneumatic Control System)
  6. Test Sistim pengamanan(Test Safety device system)
  7. Kalibrasi Alat-alat pengukur Panas dan tekanan(Calibration Test Thermometer & Manometer)
  8. Kalibrasi Alat-alat pengukur Tekanan(Calibration test Pressure Gauge/Manometer)

Jadi untuk melaksanakan pekerjaan "General Overhaul " pada motor Diesel penggerak utama atau motor Diesel pembangkit Listrik dengan tenaga diatas 1.000Horse Power, maka pekerjaan General Overhaul sudah meliputi Top Overhaul dan Major Overhaul berjumlah kurang lebih ada 75 (tujuh puluh lima) item pekerjaan yang harus diperiksa, diukur, ditest, di kalibrasi dan diganti material baru.

Perbaikan mesin kapal


Masalah yang sering timbul dengan mesin kapal karena perawatan yang kurang optimal maupun pemakaian yang terlalu dipaksakan sehingga terjadi kerusakan pada mesin kapal,dapat ditangani dengan sesegera mungkin oleh PT HIKMAH SAMUDERA ABADI dengan menurunkan tenaga ahli dan profesional serta berpengalaman di bidangnya baik mesin buatan jepang maupun buatan Eropa.

Pemasangan instalasi Mesin Baru


Untuk memenuhi kebutuhan jasa bidang mechanik PT HIKMAH SAMUDERA ABADI memiliki keahlian dalam pemasangan instalasi mesin baru ( Marine Engine ) yang dikerjakan oleh tenaga ahli serta alat – alat yang memadai.


©2017 hikmahsamudera.co.id