Dalam pengerjaan maintenance dan perbaikan mesin kapal, PT HIKMAH SAMUDERA ABADI memilliki tim mekanik yang ahli dan berpengelaman dibidangnya. Untuk lebih Efiisein dan maksimal dalam penangan pekerjaan Repair dan Maintenance Diesel Engine, kami membaginya sebagai berikut :
• Marine Engine and
• Generator Repair ( Perbaikan Mesin Kapal dan Genset )
Ini meliputi perbaikan main engine Kapal dan Generator (Genset). Kami melayani berbagai Merk seperti Cattepillar, Mitshubishi, Yanmar, Nissan, Perkins, Cummins, Mercedez, MAN, MWN, MTU, Deutz, Ford, dll
Perbaikan bagian atas adalah yang meliputi bagian atas dari motor Diesel, yaitu seluruh bagian pada kepala silinder (Cylinder head) atau seluruh bagian I komponen yang melengkapi Kepala Silinder harus dilakukan pembersihan, pemeriksaan dan penggantian material baru bila diperlukan.
Top Overhaul dilaksanakan pada saat motor Diesel sudah bekerja selama antara 2.000 - 4.000 Jam (Running Hours), yaitu meliputi pemeriksaan, perawatan dan perbaikan sebagai berikut (26-item) :
Perbaikan bagian yang bergerak adalah perbaikan yang meliputi bagian atas (Top Overhaul) dari motor Diesel, dan semua bagian mesin yang bergerak melakukan langkah-usaha.
Major Overhaul dilaksanakan pada saat motor Diesel sudah bekerja selama antara 8.000 - 14.000 Jam (Running Hours), yang meliputi pemeriksaan ,perawatan dan perbaikan pada:
Seluruh perbaikan yang dikerjakan Top Overhaul (26-item) tersebut diatas dan ditambah dengan, Seluruh bagian mesin yang bergerak melakukan langkah usaha 24-item sebagai berikut: (Total Major Overhaul 50-item).
Suatu operator kapal selama beroperasi pasti menginginkan kapalnya dapat melaju dengan cepat, pasti akan sangat mengecewakan apabila kapal yang dimiliki tidak mampu untuk melaju sesuai dengan kecepatan yang direncanakan atau mengalami penurunan kecepatan dari waktu kewaktu.
Salah satu factor penyebab menurunnya kecepatan kapal adalah terjadinya penurunan performa mesin induk kapal tersebut baik dikarenakan kurangnya perawatan oleh para ABK Mesin ataupun usia mesin yang sudah berumur dan perlu dilakukan semacam peremajaan komponen yang biasa disebut dengan proses General Overhoul ( GO ).
General Overhoul atau servis besar yaitu pembongkaran dan perakitan kembali serta penggantian komponen – komponen mesin secara umum atau hampir semua komponen diganti baru, diharapkan dengan dillakukannya service besar ini maka performa dari mesin dapat kembali seperti baru dan hasil akhirnya kecepatan kapal kembali seperti perencanaan awal.
Namun pada prakteknya, performa suatu mesin setelah di GO tidak dapat kembali 100% seperti baru karena usia dari mesin itu sendiri yang sudah tua.
Time between overhaul ( TBO ) atau rentan waktu yang dibutuhkan oleh mesin untuk melakukan GO tergantung dari pabrikan mesin itu sendiri, umumnya mesin yang bagus memliki TBO 10.000 jam, dari sisi ekonomi, semakin panjang TBO maka jam operasi kapal akan lebih lama sehingga menambah pemasukan ke perusahaan, dan biaya yang dilkeluarkan untuk melakukan GO juga akan lebih sedikit dibandingkan dengan mesin yang memiliki TBO pendek.
Perbaikan seluruh bagian mesin adalah meliputi seluruh pekerjaan Top Overhaul, Major Overhaul dan semua bagian dari motor Diesel yang berhubungan langsung menahan tegangan-tegangan dari tenaga mesin tersebut.General Overhaul dilaksanakan pada saat motor Diesel sudah bekerja selama antara 14.000 - 24.000 Jam (Running Hours), yang meliputi pemeriksaan , perawatan danperbaikan pada:
Seluruh perbaikan yang dikerjakan Top Overhaul (26-item) tersebut dan ditambah dengan seluruh perbaikan yang dikerjakan Major Overhaul (24-item) tersebut dan ditambah dengan seluruh bagian mesin yang menerima tegangan-tegangan mesin 25-item sebagai berikut: (Total General Overhaul = 75- item).
Jadi untuk melaksanakan pekerjaan "General Overhaul " pada motor Diesel penggerak utama atau motor Diesel pembangkit Listrik dengan tenaga diatas 1.000Horse Power, maka pekerjaan General Overhaul sudah meliputi Top Overhaul dan Major Overhaul berjumlah kurang lebih ada 75 (tujuh puluh lima) item pekerjaan yang harus diperiksa, diukur, ditest, di kalibrasi dan diganti material baru.
Masalah yang sering timbul dengan mesin kapal karena perawatan yang kurang optimal maupun pemakaian yang terlalu dipaksakan sehingga terjadi kerusakan pada mesin kapal,dapat ditangani dengan sesegera mungkin oleh PT HIKMAH SAMUDERA ABADI dengan menurunkan tenaga ahli dan profesional serta berpengalaman di bidangnya baik mesin buatan jepang maupun buatan Eropa.
Untuk memenuhi kebutuhan jasa bidang mechanik PT HIKMAH SAMUDERA ABADI memiliki keahlian dalam pemasangan instalasi mesin baru ( Marine Engine ) yang dikerjakan oleh tenaga ahli serta alat – alat yang memadai.